thumb

MEMPERINGATI HARI MIGRAN INTERNATIONAL LTSA - DISNAKER KAB. CIREBON

    Memperingati Hari Migran Internasional, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengadakan acara kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di Kabupaten Cirebon, pada hari sabtu 18 Desaember 2021 di Hotel Aston Cirebon.
 

Dalam rangka Memperingati Hari Migran Internasional, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia mengadakan acara kegiatan yang diselenggarakan secara virtual dan dipusatkan di Kabupaten Cirebon, pada hari sabtu 18 Desaember 2021 di Hotel Aston Cirebon.

Dalam acara tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia memberikan penghargaan. Kabupaten Cirebon mendapatkan dua penghargaan dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Dua penghargaan tersebut yakni dalam kategori Kabupaten/Kota Terbaik/peduli terhadap Pekerja Migran, berkaitan dengan perlindungan terhadap perkerja migran dan pelayanan maksimal bagi para pekerja migran dan LTSA – Disnaker Kabupaten Cirebon meraih penghargaan sebagai Penanggung Jawab Terbaik Pelayanan Terpadu Satu Atap tahun 2021 terhadap pekerja migran. Pemkab Cirebon dianggap peduli tehadap kegiatan dan perlindungan pekerja migran, kata Drs. H. Hartono, MM.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan ( Disnaker ) Kabupaten Cirebon, Hartono mengatakan, Kabupaten Cirebon menjadi salah satu kantong buruh migran di Indonesia, meskipun pada tahun 2021 terjadi penurunan jumlah PMI di Kabupaten Cirebon yang disebabkan pandemi covid 19, karena banyak negara tujuan yang tidak menerima pekerja dari luar/pekerja migran Indonesia.

Selanjutnya, Disnaker Kab. Cirebon telah banyak memberikan perhatian baik untuk calon pekerja migran, pekerja migran yang sedang bekerja maupun purna pekerja migran.
Untuk pekerja migran yang sedang bekerja,Disnaker Kabupaten Cirebon bekerjasama dengan lembaga non pemerintah dan serikat pekerja migran aktif mengakomodasi sejumlah kasus yang menimpa para pekerja migran.

Kegiatan untuk purna pekerja migran, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Desmigratif ( Desa Migran Produktif ), Purna pekerja migran mendapatkan pelatihan peningkatan keterampilan dalam bidang usaha untuk purnapekerja migran seperti melatih membuat kue, latihan menjahit, kerajian tangan dan peningkatan skill lainnya. Untuk saat ini, sudah membentuk sebanyak 9 kelompok usaha yang dikelola oleh purna pekerja migran supaya bisa mandiri.

Sedangkan untuk calon pekerja migran, Pemkab Cirebon mambuat LTSA. Pelayanan ini memudahkan calon pekerja migran dalam mengurus proses administrasi.karena sejumlah instansi yang berkaitan dikumpulkan dalam satu lokasi sehingga ketika mengurus administrasi calon pekerja migran tetep dalam satu ruangan.

Lanjut Hartono, menjelang tahun 2022, sesuai amanat Menteri Ketenagakerjaan, pekerja yang akan dikirim bekerja hanya pekerja migran yang sudah memiliki skill. (12/01/2022)