thumb

Disnaker kabupaten Cirebon Gelar Pelatihan Produktivitas Tenaga Kerja 2024 di Desa Palimanan Barat

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Cirebon membuka kegiatan Pelatihan Produktivitas Tenaga Kerja Tahun 2024, didampingi oleh Kepala Bidang Pelatihan Produktivitas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada hari Kamis 26 September 2024 di Desa Palimanan Barat Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon.

Program ini merupakan langkah penting dalam upaya untuk menciptakan tenaga kerja yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks, karena pengangguran di negara Indonesia masih menjadi tantangan besar yang harus diatasi.

Dan Kami harapkan dari pelatihan peningkatan produktivitas tenaga kerja dapat memberikan ketrampilan kepada tenaga kerja berkaitan dengan tehnik dan alat yang dibutuhkan sehingga dapat diterapkan pada usaha khususnya bidang tata boga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar.

Kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku usaha tidak hanya memberikan keterampilan teknis yang diperlukan di sektor berbagai sektor  usaha sangat  penting dilakukan karena selain untuk memberikan ketrampilan tetapi juga memberikan motivasi peserta dengan pengetahuan dan sikap yang diperlukan agar sukses untuk dapat bekerja mandiri/berwirausaha. 

Peningkatan produktivitas tenaga kerja yang diselenggarakan di disnaker terdapat 2 model kegiatan yaitu dengan pola peningkatan ketrampilan hard skill dan soft skill yang dilakukan di tempat pelaku usaha selama 20 hari kerja dan pelaksanaan peningkatan ketrampilan dan motivasi usaha yang dilaksanakan di desa sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan IPM bidang ekonomi.